Selasa, 05 Maret 2013

Juara 2 Mandiri Young Technopreneur 2012 Bidang Air



Mandiri Young Technopreneur (MYT) 2012 adalah program pemberian penghargaan persembahan Bank Mandiri kepada kaum muda Indonesia yang memiliki inovasi teknologi tepat guna yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat dikembangkan menjadi wirausaha teknologi (teknopreneur) besar di masa depan. MYT 2012 terdiri dari beberapa bidang teknologi, yaitu: energi, air, panga-pertanian, dan teknologi informasi. Dari kempat bidang tersebut, jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 1292 tim dari seluruh Indonesia kemudian dipilih 2 pemenang dari tiap bidang.
Kami tim Conservation yang terdiri dari:
a.    Dera Hafiyyan Supriyo Suromo (Teknik Elektro 2009)
b.    Arief Kurnia Miharja (Teknik Elektro 2010)
c.    Handy Aulia Fathony (MRI 2009)
d.    Tim Cakra Wahana Paksa
Alhamdulillah telah memperoleh juara 2 MYT 2012 bidang Air dengan karya kami yaitu Conservation : Calixarene From Fenol (Resorsinol) and Aldehide (Vanilin) To Reduce Metal Ion Polution in Maritime. Conservation ini merupakan teknologi penyerap logam berat dengan memanfaatkan tumbuhan kopi dan kayu secang dalam bentuk kapsul.
Dalam mengikuti MYT 2012, kami mendaftarkan dua karya, karya pertama untuk bidang teknologi informasi dan karya kedua untuk bidang air yaitu Conservation, dengan mengirimkan proposal dan formulir pendaftaran secara online. Karya pertama kami ditolak, tetapi alhamdulillah karya kedua kami (Conservation) lolos 5 besar. Kemudian kami menjalankan training bisnis selama 10 hari sekaligus melakukan presentasi produk dan bisnis kami kepada pakar air (Pak I Gede Wenten), direktur Metro TV, direktur keuangan Bank Mandiri, pimpinan perusahaan Aqua, dan dosen (Ilham Habibie). Alhamdulillah seluruh rangkaian yang kami lewati, ditutup dengan indah yaitu dengan kemenangan kami. Kami mendapat juara dua MYT 2012 bidang air dengan hadiah sebesar 40 juta rupiah ditambah dengan pendanaan bisnis sebesar 1 miliar. Selain hadiah tersebut, banyak hal yang kami dapatkan selama mengikuti MYT, yaitu wawasan mengenai kewirausahaan, bertemu para nvestor, berbagi cerita dengan teman-teman sesama pengusaha, dan pastinya yang awalnya kami tidak punya perusahaan (hanya bermodalkan ide teknologi) kini mulai membangun perusahaan kami dibimbing Bank Mandiri.
Saran dari kami untuk teman-teman , ayo ikut MYT 2013 nanti. Cukup bermodalkan ide ato prototype teknologi tepat guna seperti PKM, temen-temen bisa daftarkan. Tidak usah terlalu memikirkan mengenai konsep bisnisnya dahulu, karena proposal yg kami kirim ke Mandiri, hanya proposal penelitian. Untuk konsep bisnisnya baru kami rumuskan selama pelatihan. Jadi yang harus dimatangkan adalah teknologi itu sendiri, Semangat buat kita semua J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar