Dalam coaching ini, Bill bercerita tentang 3 hal
Pertama, dia bercerita tentang gimana caranya agar kita jadi "WOW", kondisi dimana orang lain jatuh cinta dan tertarik sama kita dan produk kita.
Untuk membuat orang lain WOW terhadap kita dan produk kita hanya membutuhkan kurang lebih 20 detik. Karena waktu yang sangat pendek itu, dibutuhkan satu pernyataan pamungkas yang menggambarkan value proposition yang ditawarkan bisnis dan produk kita. Pernyataan tersebut setidaknya harus menggambarkan:
- masalah apa yang kita selesaikan
- seberapa lebih baiknya bisnis kita dibandingkan dengan yang lain
- kredibilitas kita sehingga orang lain dapat mempercai kita
- saat pitching ke investor
- melayani pelanggan
- membangun jaringan
- merekrut karyawan
- mendapatkan partner strategis
- saat mengemail
- di dalam website
- voice mails
- marketing
Beberapa tips tambahan dari Bill, yaitu:
- jelaskan dalam cerita tau gambar
- menggunakan analogy
- gunnakan sesuatu yang populer seperti penghargaan yang kita miliki
- buat ini tetap simple
- menarik hati
- fokus ke pe;anggan
- antisipasi isu-isu yang berhubungan dengan bisnis kita
- gunakan 1 atau 2 poin
- paparkan data yang mensupport kelebihan bisnis kita
- pengakuan dari masyarakat (sesuatu yang populer)
- jangan berbohong pastinya
Kedua, Membangun bisnis model
Bisnis model adalah cara kita untuk mendapatkan uang
Poin-poin penting dari bisnis model, yaitu:
- value proposition
- manfaat yang kempetitif
- product pricing
- cara meraih pelanggan
- segmentasi pasar
- pengembangan produk
- Jasa
- partner utama
Dalam merumuskan bisnis model kia harus dapat menggambarkan:
1.Value Proposition : substansial benefit yang kita berikan ke pelanggan
2. Competitive Advantage: mengapa kita lebih baik dari direct competitor dan indirect competitor
3. Pricing:
3. Pricing:
- gimana menentukan price-nya
- bagaimana cara yang satu bisa menghandle cara yang lain
- orang mau bayar lebih karena kita telah membuat mereka tertarik dengan marketing dan advertaising
4. Customer Acquisition: bagaimana cara kita mendapatkan pelanggan
5. Revenue Stream:
- Cara kita mendapatkan uang
- menentukan primary revenues dan secondary revenues
- Kedua cara tersebut harus saling melengkapi
7. Testing dan Validasi:
- mengidentifikasi apa yang kita ketahui dan apa yang kita tidak ketahui
- menentukan matriks tujuan
- Cari coach / peer critic, agar ada orang di luar perusahaan yang memberikan penilaian secara objektif terhadap bisnis kita
- kita harus punya profit mantra yang isinya:
Intinya dalam menjalankan bisnis, segala pengeluaran kita harus profitable.
Ketiga, Bill bercerita tentang seni memulai bisnis. Saat dia memulai bisnis, ada 10 hal yang dianggap penting oleh dirinya, yaitu:
1. Tujuan utama berbisnis adalah menciptakan value (manfaat)
2. Memulai bisnis bergantung pada tim yang kuat dan brilian
Tim itu harus memiliki anggota yang bervariasi agar tercipta suasana kerja yang kreatif dan sempurna. Setidaknya dalam tim harus ada:
a. Orang yang optimis
b. Orang yang pesimis
c. Engineer
2. Memulai bisnis bergantung pada tim yang kuat dan brilian
Tim itu harus memiliki anggota yang bervariasi agar tercipta suasana kerja yang kreatif dan sempurna. Setidaknya dalam tim harus ada:
a. Orang yang optimis
b. Orang yang pesimis
c. Engineer
3. Management Style: rencanankan apa yang akan kita tuju
Ada pepatah dalam dunia bisnis yang menyatakan:
"kita hanya punya waktu 24 jam untuk mengembangkan rencana kita sebelum kita jalankan"
4. Bersifat Objektif : Kegagalan adalah sebuah kebutuhan
Maksud dari kegagalan adalah sebuah kebutuhan dapat kita pahami dari pengalaman pemain basket terkenal Michael Jordan. Dia adalah pemain basket terbaik tetapi dia juga orang yang telah paling banyak gagal dalam melakukan shooting. Mengapa?? Jawabannya hanya satu yaitu dia telah melakukan shoot yang jauh lebih banyak dibandingkan orang lain, sehingga walau dia telah gagal dengan jumlah yang banyak, dia telah melakukan shoot yang berhasil jauh lebih banyak lagi.
Jadi ambilah kesempatan lebih banyak dibandingkan orang lain
5. Business Model: temukanlah dan pikatlah pelanggan agar kedepannya para investor pun akan terpikat dengan kita
6. Dasar dari inovasi: Raihlah talenta-talenta global
7. Competitive Advantage
8. Strategi Marketing
9. Leadership: Setiap orang dalam tim adalah pemimpin
Jadi ketika kita ada ataupun tidak ada, perusahaan tetap berjalan karena jiwa pemimpin di seluruh anggota
10. Sumber inovasi adalah manusia
Dengan akal dan pikiran para SDM terciptalah gagasan-gagasan bahkan teknologi yang akan menambah nilai dari bisnis kita
Pesan terakhir yang menutup pertemuanku dengan Bill:
"Bisnis adalah cinta, Buatlah semua orang jatuh cinta dengan kita dan bisnis kita"
Ada pepatah dalam dunia bisnis yang menyatakan:
"kita hanya punya waktu 24 jam untuk mengembangkan rencana kita sebelum kita jalankan"
4. Bersifat Objektif : Kegagalan adalah sebuah kebutuhan
Maksud dari kegagalan adalah sebuah kebutuhan dapat kita pahami dari pengalaman pemain basket terkenal Michael Jordan. Dia adalah pemain basket terbaik tetapi dia juga orang yang telah paling banyak gagal dalam melakukan shooting. Mengapa?? Jawabannya hanya satu yaitu dia telah melakukan shoot yang jauh lebih banyak dibandingkan orang lain, sehingga walau dia telah gagal dengan jumlah yang banyak, dia telah melakukan shoot yang berhasil jauh lebih banyak lagi.
Jadi ambilah kesempatan lebih banyak dibandingkan orang lain
5. Business Model: temukanlah dan pikatlah pelanggan agar kedepannya para investor pun akan terpikat dengan kita
6. Dasar dari inovasi: Raihlah talenta-talenta global
7. Competitive Advantage
8. Strategi Marketing
9. Leadership: Setiap orang dalam tim adalah pemimpin
Jadi ketika kita ada ataupun tidak ada, perusahaan tetap berjalan karena jiwa pemimpin di seluruh anggota
10. Sumber inovasi adalah manusia
Dengan akal dan pikiran para SDM terciptalah gagasan-gagasan bahkan teknologi yang akan menambah nilai dari bisnis kita
Pesan terakhir yang menutup pertemuanku dengan Bill:
"Bisnis adalah cinta, Buatlah semua orang jatuh cinta dengan kita dan bisnis kita"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar